TAHAP-TAHAP SELEKSI TELKOMSEL TRAINEE

PENGALAMAN SAYA MENGIKUTI TELKOMSEL TRAINEE Maret - Mei 2017


Selamat Siang, Malam, Sore, Pagi, atau kapanpun kalian baca Tulisan ku Ini..
Assalammualaikum, wr.wb

Ya, kali ini saya akan bagikan pengalaman pertama saya sekaligus pengalaman yang sangat berharga sebagai seorang Pencaker atau Jobseeker. Ini merupakan tulisan pertama Saya diantara isi-isi blog yang sebelumnya berisi tentang Tugas-tugas seperti makalah dan sebagainya atau anda boleh bilang campur aduk dari Para Member Zona Intra Net di tempat saya bekerja sampai tulisan ini saya buat.

Kalau bicara soal pengalaman pertama Tes kerja bukan, tetapi ini pengalaman pertama Tes di Telkomsel, Provider terbesar di Nusantara Kita ini dan Gajinya lumaya besar lo Warganet (Tetapi Saya sebelumnya Tidak Tahu). Sejak Saya tamat kuliah Bulan September lalu di Universitas Negeri Padang di Sumatera Barat yang sudah 8 Bulan lamanya.

Jadi dalam 8 Bulan tersebut sudah banyak Saya masukkan lamaran secara Online maupun Offline di hampir seluruh Perusahaan besar di Indonesia dan beberapa Perusahaan kecil lainnya di Padang (Sumbar), Prabumulih (Sumsel) dan Sekarang di Pekanbaru (Riau). namun, hasilnya masih nihil, dimana ada saya dipanggil, ada tidak, ada yang sampai Tes Tertulis saja atau hanya sampai pada Tahap Wawancara. Sudah lumayan banyak juga sih pengalaman Saya hingga sekarang. Sory, sedikit curhat.

Dan akhirnya Saya lulus Administrasi Telkomsel Trainee pada Bulan Maret 2017. Telkomsel Trainee berbeda dari GPTP Telkomsel ya, dikarenakan masih banyak yang rancu soal program ini dan yang Saya lihat, penyelenggaraan GPTP lebih sering dilakukan daripada Telkomsel Trainee. Great People Trainee Program (GPTP) hanya dilaksanakan di Pusat yaitu di Jakarta, sedangkan Telkomsel Trainee akan dilaksanakan di beberapa Kota Besar Indonesia yang dihandle oleh Human Capital Management (HCM) seperti di Kota Pekanbaru, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, Surabaya, jayapura dan beberapa daerah lain.

Saya juga pernah daftar GPTP tapi kayaknya belum masuk kualifikasi dan Alhamdulillah Lulus pada Telkomsel Trainee pada bagia Sales dan Marketing yang saya pilih. Kembali kepada Inti Cerita, ini pengalaman Saya mulai dari Daftar Pertama Tsel Trainee pada Awal tahun 2017.

Setelah menunggu cukup lama sekitar 2 Minggu akhirnya Pengumuman Telkomsel Trainee keluar, melalui email yang dilayangkan kepada Saya. hati bahagia lo, karena diundang untuk Tes Online. Cukup senang saya karena bukan Tes Offline.

Undangan Tes Online Pertama:

Dan selang tak beberapa lama juga masuk email pemberitahuan tentang Tes Online yang akan dilaksanakan, jadi Saya cukup bisa belajar untuk memahami soal-soal yang mungkin keluar pada waktu tesnya,berikut anda bisa lihat Kisi-kisi tetang Soal Tes Telkomsel Trainee.



 Alhamdulillah....
Tes Online sukses saya lakukan pada Sore harinya bersama Adik Sepupu saya "Muhammad Al hafizh", yang ngak mau tinggal dirumah, maklum sudah ditinggal 5 Tahun untuk menyelesaikan kuliah, dan tiba waktunya bersama setelah wisuda. nama yang bagus kan? Saya lo yang kasih sendiri... Hehe jadi Bangga. Dan yang minta ampunya Tes ini dilaksanakan dengan waktu yang sangat cepat. Dibutuhkan ketelitian dan kecekatan dalam hal ini dan jangan sampai ada yang menganggu.

Jadi, setelah menunggu sekitar 1 Minggu lebih lamanya, hampir 2 Minggu kalau ngak salah. hasil tes keluar. Saya sangat kaget pada waktu itu karena di Telpon langsung dari HCM Ibu Evi Ria Zerda dari Telkomsel Smart Office Pekanbaru (TSO Pku), senang bukan main. Tapi ternyata Saya ditelpon karena Undangan Wawancara di E-mail tidak Saya konfirmasi, waduh, untuk Ibu ini sngat baik orangnya.

Namun, setelah Saya baca lebih teliti, Wawancara dilakukan besoknya, padahal posisi saya sedang berada dikampung di Pessel Sumatera Barat. Sehingga dengan berat hati Saya kirim E-mail penolakkan kepada Ibu Evi, karena memang kendala waktu dan sebenarnya juga kendala uang.

Undangan Wanwancara HCM:


Balasan:


Namun, takdir berkata lain, E-mail Saya dibalas dan direschedul menjadi Hari Djuma't. Rezeki memang tidak kemana (kata saya didalam hati). Jadi, saya punya cukup waktu untuk mencari jalan keluar bagaimana saya dapat datang ke Pku untuk Wawancara. Dan akhirnya Saya berangkat.
Saya sampai di Pekanbaru Jam 11 Siang dan wawancara dilaksanakan jam Stengah 3. karena posisi Saya jauh dari pusat kota, saya akhirnya langsung meluncur padahal belum tau sedikitpun tentang posisi kota Pekanbaru, untuk ada Google Maps, thank Google. Ok, lu yang terbaik saat itu.. saat ini juga.

Undangan Wawancara HCM Lagi:


 Ini ungkapan dan balasan Saya kepada Ibu tersebut.
Jawaban:

 Wanwancara HCM sukse dilaksanakan, saya datng pas pada waktunnya. Di wawancara ini warganet akan ditanya seputar Biodata diri dimana dimulai dari Perkenalan diri menggunakan Bahasa Inggris. Yang mewancarai saya hanya 1 orang oleh Seorang Bapak-bapak yang masih muda yang akhirnya saya panggil Abang, karena memang masih mudah.
Pada wawancara tersebut, berlangsung cukup menarik dan banyak lah, mereka mengorek segala sisi yang kita ceritakan. Intinya anda ceritakan tentang kebenaran diri anda. kalau saya sih begitu tapi jika anda memiliki sisi kriminal jangan diceritakan deh, (sebaiknya).

Alahmdulillah,..
Sekitar Seminggu penantian akhirnya Saya dipanggil lagi untuk Wawancara User, dimana kita akan berhadapan langsung dengan Orang/Manager yang akan menjadi pimpinan kita kelak disaat Trainee. Penantian ini sungguh membosankan karena Saya yang waktu itu tinggal menumpang dengan teman saya, teman cewek lagi. waduhhh... ampun dah kalau soal ini. Tapi dia sudah memiliki suami lo, jadi jangan Suuzon.

Karena, uang saku yang menipis dan kepastian dari Tsel yang belum datang-datang saya akhirnya mencari pekerjaan dan alhamdulillah setelah 3 hari saya dapat kerja di salah satu Warnet di Desa Tarai dekat rumah teman ku itu. Disanalah saya selalu memantau Email tiap harinya.

Undangan yang ditunggu-tunggu datang sekitar Jam Stengah 6, bukan melalui email tetapi langsung ditelpon oleh Pihak HCM Telkomsel Pekanbaru. Saya dinyatakan berhak mengikuti Wawancara User. Tetapi saya tetap minta email kepada Ibu tersebut supaya tidak kelupaan waktu, dan proses wanwancara berjalan lancar karena saya mesti izin kerja untuk hal ini.

Undangan Wawancara User:


Jawaban:


Untuk memenuhi undangan Wawancara kali ini memang sangat susah karena Kota Pekanbaru dilanda hujan deras sejak Subuh, akhirnya tetap saya tempuh sekitar Jam 6 saya langsung berangkat, padahal Wawancara baru akan dimulai Jam 10 Pagi. Untuk Waktu perjalanan biasanya saya hanya butuh waktu 1 Jam untuk sampai ke TSO Pku dengan menggunakan kendaraan Umum ya, karena saya tidak memiliki kendaraan Pribadi.

Perkiraan saya benar adanya, Pekanbaru banjir terutama disekitaran daerah Panam, jalur lintas Bus Kota dan Transmetro Pekanbaru pula, Sejak saya naik Bus Kota dari Jam 7 sampai Jam 10 baru saya tiba di Pusat kota Pekanbaru di Kantor TSO Telkomsel, karena banjir akhirnya macetlah yang melanda, sungguh ujian berat bagiku. Selama 3 Jam saya di atas Bus kota, disanalah saya memikirkan pertanyaan apa yang akan dilemparkan kepada saya.

Dengan cepat, setelah turun dari bus Saya langsung naik ke Lantai 4 TSO Pekanbaru. Dengan pakaian yang sedikit basah dan lusuh terjena hujan saya tetap beranikan diri untuk masuk dan pas Saya tiba nama Saya langsung terpanggil. Sungguh waktu yang mepet & mulutpun komat-kamit membaca doa.

Undangan Reschedul Wawancara User:


 Pada waktu  wawancara, cukup banyak gelak tawa antara saya dengan Manager bagian Sales dan Marketing, tapi saya sungguh tidak tahu itu gelak tawa menertawakan saya atau dia setuju dengan argumen-argumen yang saya berikan. Karena memang Saya sedikit gugup dan tidak Pede setelah ditimpa hujan lebat dan banjir (Tapi Baju Saya tidak Terlalu basah kok, Cuman bercak-bercak karena Saya memakai Sweeter).

Setelah wawancara selesai dari jam 10 smpai Jam 11, tidak lupa sedikit cekrek di depan TSO untuk dokumen dan kenangan nantinya. Sempat terpikir apakah ini yang vterakhir kalinya saya kesini, waduh... semoga tidak. Selanjutnya say kembali bergegas untuk pulang karena Saya janji akan masuk siang lagi di Warnet, bajupun langsung diganti di TSO dan langsung ngebut naik bus kota.

Sudah seminggu lamanya, Undangan selanjutnya tidak juga datang-datang baik itu email maupun Telpon dari HCM. Padahal Trainee dimulai pada awal Bulan Mei. Dan setelah saya tanya ke salah satu teman yang juga ikut wawancara User mengatakan bahwa pengumuman telah keluar dan dia tidak lulus. hati pun berdetak, tapi saya tidak berani menanyaklan hingga awal BUlan Mei itu masuk.

saya kirimkan Email dan SMS kepada Ibu HCM yang biasa menelpon saya, dengan harap-harap cemas dan pasrah ternyata butuh 2 Hari menunggu jawabnnya. Berikut isi email tersebut.

Pertanyaan Kelulusan Wawancara User:


Ternata, saya memang tidak lulus. Perasaan sedihpun menerpa tetapi Saya tetap semangat untuk bisa pada tes selamjutnya. Setelah Saya renungkan lebih dalam ada beberapa kesalahan pada saat wanacara dengan Manager waktu itu disamping kondisi alam dan saya yang semrawut karena banjir.

Pertama, Saya terlalu segan kepada Manager/User yang mewancarai saya, maklum untuk Wawancara User ini merupakan yang pertama, dimana hal tersebut membuat saya kaku dan grogi, apalagi pada saat perkenalan menggunakan Bahasa Inggris yang acap kali saya ulang.

Kedua, meskipun kondisi ruang wawancara sudah pulih dan bersahabat, beberapa pertanyaan tidak Saya jawab dengan tegas, saya terlalu lama untuk berpikir dan memepertimbangkan keputusan saya.
 Contoh:
1. Bagaimana jika anda diterima dan ditempatkan di Papua, sedangkan waktu itu Keluarga anda sedang membutuhkan anda?
2. Jika anda berada berdua ditengah laut dengan satu perahu kecil, sedangkan kami hanya membutuhkan satu orang untuk bisa sampai ke tepi dan bergabung bersama Telkomsel, apa yang akan kau lakukan?
3. Berapa Gaji yang anda inginkan? (Dalam hal ini Saya hanya meminta Gaji Minimal 2 Juta, Ini kesalahan Saya).

Pertanyaan tersebut memang sangat sulit untuk dijawab jika terjadi di dunia nyata, tapi ini perumpamaan bro, ada banyak jawaban yang bisa anda lontarkan, dan pikirkan dari sekarang!!! karena Saya tidak akan memberikan jawabannya.

Dan yang harus perlu anda ketahui "Telkomsel Trainne" sudah diadakan lagi untuk yang kedua kalinya di Tahun 2017 ini, dan saya akan coba kesempatan keduanya kali ini. Semoga tulisan saya ini dapat membantu anda sebagaimana Say terbantu ketika pertama kali mengikuti Telkomsel Trainee. Namun, tolong Nama dan E-mail diatas tidak anda persalah gunakan, Saya berani menampilkannya karena Saya percaya yang akan membaca postingan ini merupakan Orang-orang yang berpendidikan.

Jika ada pertanyaan dan ingin sharing serta berbagi pengalaman tentang tulisan ini, harap melalui Komentar dibawah. Saya tidak melayani pertanyaan melalui email. Mohon maaf jika ada kesalahan ditulisan ini, sekali lagi Saya mohon maaf.

Semoga kita berjumpa di Telkomsel Trainee, September nanti...
Amin.......!!!!
Wassalammualaikum, wr.wb.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya gan, Telkomsel trainee apakah untuk jadi sales saja, atau ada untuk departemen lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada Buat departemen lain kok. diTsel sebutnya Bidang. Ada 9 Bidang yg bisa dipilih sesuai Jurusan & pengalaman kita mas.Utk info rekrutmen tsel 2018. Gabung aja di Telegram Telkomsel Recruits link: t.me/telkomselrecruits

      Hapus
  3. ada Buat departemen lain kok. diTsel sebutnya Bidang. Ada 9 Bidang yg bisa dipilih sesuai Jurusan & pengalaman kita mas.
    Utk info rekrutmen tsel 2018. Gabung aja di Telegram Telkomsel Recruits link: t.me/telkomselrecruits

    BalasHapus
  4. ada bebrapa pertanyaan gan
    1. Petanyaan wawancara seperti yg agan sebut diatas ada brp gan ? mksudnya selama sesi hanya hal seperti itukah yg ditanyakan ?

    2.misal lolos wawancara tahap apa selanjutnya gan ?
    ane mau daftar yg baru buka 2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Selama sesi wawancara pertma kali sama kyk wawancara yg biasanya, perkenalan diri aja pke English trus mngenai diri kita. Pertanyaan yg saya sebutkan itu psti keluar pas akhir-akhir gan.

      2. Medichal Check Up / Tes Kesehatan

      Semoga berhasil gan..
      gabung di grup Telegram aja buat more info gan: t.me/telkomseltrainee

      Hapus
  5. halo gan, saya mau tanya kalau dari jurusan akuntansi namun prodi yang pendidikan apakah bisa lulus seleksi administrasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok gan.
      Asal data lain juga mendukung.
      semisal IPK atau pernah masuk Organisasi Mahasiswa.

      Gabung aja di Grup Telegram: t.me/telkomsel.recruits

      bnyak info Telkomsel Trainee 2018 disana gan.

      Hapus
  6. Agan-agan..
    Mohon maaf sbelumya jika balasnya lama.
    Gabung aja di Grup Telegram buat berbagi info sama pencaker Tsel Trainee 2018 lainya.

    link: t.me/telkomselrecruits

    BalasHapus
  7. Halo mas mau tanya...pas wawancara bahasa inggris itu pas wawancara HCM? Dari awal-sampe akhir bahasa inggris atau pas perkenalannya aja mas ? Terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas perkenalan aja kok mbak. Cuman intro aja, nanti setelah selesai.
      Pertanyaan yg dikasih HCM pake b.Indonesia kok. Nanti Interview User juga bgitu.

      Hapus
  8. Soal untuk Smart GMA bahasa indonesia atau berbahasa inggris ya bang? Tolong infonya bang.. Thank u..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bahasa Indonesia.
      sory telat jwbnya, gimana tes online nya mbak? Semoga lolos smpai tahap trkhir ya.

      Hapus
  9. Iya bro, tapi Jurusan yg kompatibel juga bisa kok, terutama dibuktikan dg sertifikat pndukung sperti sertifi Magang Kuliah & pelatihan yg berhubngan dg bidang yg dipilih pas aply bro.

    BalasHapus
  10. Gan cara gabung telegramnya gimana ya? Kok saya gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. download Instagram, terus klik link t.me/telkomselrecruits mas

      Hapus
  11. Download telegram dulu mas. Terus klik link ini:
    https://t.me/joinchat/Gf-0wUmRD896O0k0qp7jEw

    BalasHapus
  12. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PERMOHONAN SEWA KANTIN

SOAL-SOAL BANGUN DATAR SEGI EMPAT

MAKALAH ULTRASONOGRAFI (USG)